Minggu, 13 Juni 2010

Jatinangor Punya Cerita



Jatinangor. Sebuah kecamatan di Kabupaten Sumedang. Nama ini tampaknya sudah tidak asing lagi bagi sebagian khalayak muda di daerah Bandung. Betapa tidak, empat perguruan tinggi yang cukup terkenal ada di Jatinangor.
Hadirnya para mahasiswa di Jatinangor membuat daerah ini menjadi ramai. Bukan hanya ramai, daerah ini juga disulap menjadi ladang usaha yang menjajikan. Salah satunya adalah usaha kuliner.
Setiap gang, ruas jalan, dan sudut dari kecamatan ini dipadati oleh penjual makanan. Baik yang konsepnya sederhana maupun kedai dan kafe. Berbagai makanan pun bisa ditemui. Mulai dari jajanan yang berupa makanan ringan hingga makanan dengan “bentuk” makanan restoran.
Salah satu pemilik kedai “Korban Kopi”, Indra, mengungkapkan jika Jatinangor adalah tempat yang sangat cocok untuk berusaha. “Soalnya banyak mahasiswa dan daerahnya juga semakin ramai dari tahun ketahun”, ujarnya.
Salah satu pelanggan setia “Korban Kopi”, Ilyas, mengatakan jika ia menikmati suasana tempat yang nyaman di “Korban Kopi”. “Tempatnya bagus. Ada juga hotspot-nya jadi enak buat nongkrong. Tapi tiap tempat makan di sini juga tempatnya lumayan enak”, katanya.

Dari Segi Bisnis

Dari segi bisnis, usaha makanan sangat menjanjikan. Bahkan, hal ini sudah menjadi tren seperti yang diungkapkan oleh pakar kewirausahaan, Kurjono. Menurutnya bisnis makanan tidak akan pernah mati. “Kalau berwirausaha lebih baik dari hal yang kecil dulu, contohnya bisnis makanan. Bisnis ini akan terus ada dan berkembang”, ujar dia.
Senada dengan hal tersebut, Kasi. Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kecamatan Jatinangor, Mirsana, mengatakan jika semakin banyak usaha makanan di Jatinangor adalah akibat dari keuntungan bisnisnya. “Mulai ramai itu dari tahun 2002, terus makin ke sini makin banyak”, katanya.


(Lucky Leonard)

2 komentar:

  1. oh yeaah.. Jatinangor Rock city..!! kota yang bisa tiba2 rame dan tiba2 sepi dalam sehari, tergantung kalender. hahahaha. Viva la JatinangorRock City!

    nyambung nih sama berita kita http://portalperempuan.blogspot.com/2010/06/do-you-believe-in-music.html (minta dikomenin mode: ON)

    BalasHapus
  2. Gak ada ilustrasi Korkopnya?
    Variasi makannya juga kurang dijelaskan. Kurang rame, Luck.

    BalasHapus